Sukses

Terung Bukan Penyebab Keputihan yang Tidak Normal

Jangan percaya mitos yang menyebut makan terung dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal.

Liputan6.com, Jakarta Wanita hamil tidak perlu menghindari terung karena takut keputihan. Terung tidak punya pengaruh apa-apa terhadap cairan yang keluar dari vagina selain darah itu.

Sekalipun yang terjadi adalah keputihan tidak normal, bukan terung yang jadi penyebabnya.

Dokter Dyah Novita Anggraini dari Klik Dokter, mencontohkan, keputihan karena infeksi parasit atau keputihan karena infeksi jamur. Biang keladi dari infeksi parasit adalah Trichomonas vaginalis dengan tanda cairan vagina berwarna hijau-kuning, berbau amis, dan disertai rasa perih saat buang air kecil.

Sedangkan keputihan akibat infeksi jamur biasanya disertai dengan rasa gatal juga perih.

Menurut Dyah, jagalah kebersihan area vagina guna menghindari keputihan yang tidak normal ini. Gunakan celana dalam berbahan katun yang menyerap keringat, juga menghindari penggunaan pembersih vagina yang terlalu sering. Kemudian basuh vagina dari depan ke belakang setelah buang air kecil.

"Jadi, terung sebagai penyebab keputihan merupakan pernyataan yang keliru. Kini Anda bisa menyantap makanan ini dengan tenang tanpa diganggu mitos tersebut," kata dia dikutip Health Liputan6.com pada Selasa (13/6/2017).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan terdiri dari dua macam, fisiologis (alami) dan patologis (kelainan).

    Keputihan

  • Terung