Sukses

Bawang Merah Ampuh Bunuh Sel Kanker

Bawang merah memiliki khasiat lebih kuat melawan sel-sel kanker dibandingkan bawang putih.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa bawang merah memiliki khasiat lebih besar dalam melawan pertumbuhan sel-sel kanker dibanding bawang putih.

Fakta ini terkuak ketika peneliti asal Kanada meneteskan ekstrak bawang dari lima varian berbeda ke sel-sel kanker, dalam hal ini sel kanker kolorektal manusia. Setelah dianalisis, ekstrak bawang merah membunuh tiga sampai lima kali sel-sel kanker lebih banyak dibandingkan jenis bawang lain seperti disampaikan salah satu peneliti Suresh Neethirajan.

"Varietas bawang merah terbukti sangat baik membunuh sel kanker," kata pakar bionanoteknologi dari University of Guelph Kanada ini mengutip Time, Selasa (13/6/2017).

Bawang merah tidak hanya tinggi senyawa aktif kuercetin tapi juga kaya anthocyanin. Ini adalalah pigmen dalam tumbuhan yang mampu menghancurkan radikal bebas yang memicu kanker, diabetes, dan peradangan pada tubuh.

Anthocyanin biasanya juga terdapat pada buah dan sayuran kaya warna. Pakar nutrisi juga telah lama menyarankan agar kita memilih buah dan sayuran kaya warna.

Terkait hal ini penulis studi tidak heran bila bawang merah memiliki kekuatan lebih besar melawan kanker dibanding bawang putih.

Bawang yang dipakai dalam studi ini secara khusus dipilih dari Ontario, Kanada. Bawang dari area ini terbukti memiliki senyawa flavanoid dengan zat aktif kuersetin lebih tinggi sedunia. Peneliti tidak bisa memastikan hasil temuan ini bisa diaplikasikan di negara lain, tapi kemungkinannya iya.

Khasiat bawang merah yang lebih kuat dari bawang putih dalam melawan kanker ini merupakan temuan pertama. Masih diperlukan studi lanjutan untuk mengetahui hal ini. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.