Sukses

Berbuka Puasa, Waktu Terbaik Minum Susu Selama Ramadan

Tak perlu takut minum susu di saat berbuka. Penyapan gizi berlangsung maksimal justru di waktu berbuka

Liputan6.com, Jakarta Ahli Gizi dari PERSAGI, Marudut MPS, menyatakan aman minum susu di waktu berbuka puasa. Tak perlu takut perut mengulah, karena minum susu dalam keadaan perut masih kosong justru bagus buat penyerapan seluruh zat gizi yang ada di dalamnya.

"Akan tetapi balik lagi ke masing-masing individu. Ini masalah kebiasaan saja. Terbiasa tidak perutnya menerima susu setelah kosong berjam-jam," kata Marudut dalam sebuah diskusi Rabu, 7 Juni 2017.

Masalah kebiasaan ini, kata dia, dipengaruhi faktor metabolisme tubuh. Selama metabolisme orang tersebut normal, tidak akan berpengaruh besar jika minum susu di waktu berbuka.

"Saat perut kosong terdapat penurunan zat gizi di tubuh. Kemudian, nutrisi pada susu akan terserap maksimal di saat perut kosong," kata Marudut.

Marudut hanya menekankan, minum susu di waktu berbuka tidak berlaku untuk individu yang intoleransi laktosa. Susu justru harus dihindari, karena dapat membuat pencernaan sensitif yang pada akhirnya diare. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.