Sukses

3 Langkah Bebaskan Kaki dari Kapalan

Penyebab kaki kapalan terjadi akibat penggunaan sepatu yang tidak pas dengan ukuran.

Liputan6.com, Jakarta Pertumbuhan kulit yang keras dan menebal atau yang lebih dikenal dengan kapalan, dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan. Gerakan atau gesekan yang berlebihan akibat penggunaan sepatu yang tidak pas dengan ukuran dan kebiasaan bertelanjang kaki biasanya jadi penyebab utama.

Bagaimana mengatasinya?

Seperti dilansir Live Strong, Senin (12/6/2017) rupanya merendam kaki yang kapalan dengan air hangat bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya, seperti berikut :

1. Gunakan bantalan kaki

Hindari mengenakan sepatu yang tidak pas dengan ukuran Anda, atau gunakan bantalan kaki untuk mencegah pertumbuhan kulit yang menebal dan terhindar juga dari iritasi.

2. Rendam kaki dengan air hangat

Merendam kaki yang kapalan dengan air hangat yang diberi sabun selama 10 menit dapat bantu menghilangkan kapalan di kaki. Beri gosokan perlahan pada kaki yang kapalan mengenakan batu atau alat khusus untuk menggosok kaki.

3. Oleskan salep

Mengoleskan salep antibiotik di daerah kapalan dapat mencegah terjadinya infeksi dan luka pada kulit kapalan. Sebab kondisi kulit kaki yang menebal ini berisiko juga terhadap kemerahan, nyeri, bengkak, dan iritasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kapalan, atau dikenal pula dengan istilah kesehatan callus, merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya lapisan tebal dan keras pada

    Kapalan

  • Kaki Kapalan