Sukses

Catat, Jadwal Makan yang Tepat untuk Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Anda yang tengah berjuang menurunkan berat badan jangan sekadar memerhatikan seberapa besar porsi makanan dan menu makanan yang dimakan. Anda juga perlu mengatur jadwal yang tepat untuk makan.

Dikutip dari Women's Health Magazine, Senin (12/6/2017), ketepatan jadwal makan dapat mempengaruhi waktu pencernaan makanan. Vitamin dan protein yang terkandung dalam makanan dapat terserap baik.

Sarapan pagi

Studi dalam jurnal Obesity tahun 2015 menemukan, sarapan tinggi protein antara pukul 6 pagi dan 09.45 pagi berpeluang dalam penurunan lemak tubuh dibandingkan dengan mereka yang sarapan pada pukul 10 pagi. Berat badan bisa berpeluang turun.

"Saya selalu menyarankan, sarapan sehat itu satu jam setelah bangun tidur," kata Jim White, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Ngemil setelah sarapan

Anda bisa ngemil alias menyantap camilan antara 2-4 jam setelah sarapan. Hal ini karena tubuh perlu waktu untuk mencerna dan menyerap makanan saat sarapan.

Camilan dapat mempertahankan energi dan mencegah penurunan gula darah. Pilih camilan yang sehat seperti kacang almond.

1 dari 3 halaman

Makan siang

Makan siang

Studi tahun 2016 di The American Journal of Clinical Nutrition diikuti sekitar 1.300 orang yang diet selama 28 minggu menemukan, orang-orang yang makan siang sebelum pukul 15.00 dinilai sukses menurunkan berat badan.

Temuan ini serupa dengan penelitian sebelumnya dalam International Journal of Obesity. Dalam penelitian tersebut, orang yang diet berhasil menurunkan berat badan sampai 25 persen.

2 dari 3 halaman

Mengemil sore hari

Ngemil sore hari

Anda bisa ngemil pada sore hari antara 2-4 jam setelah makan siang. Camilan pun sebaiknya sehat berupa asupan buah dan sayuran.

Studi yang dilakukan Universitas Illinois di Chicago terhadap wanita obesitas menemukan, mengemil buah dan sayur pada sore hari bisa menurunkan berat badan.

Makan malam

Studi menemukan, orang yang makan malam pukul 18.00 dan berhenti makan pukul 19.00 berhasil kehilangan berat badan. Mereka pun bisa tidur nyenyak.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi 3 Olahraga Bela Diri untuk Turunkan Berat Badan
Artikel Selanjutnya
5 Hal Menakutkan yang Terjadi, Bila Anda Tidak Sarapan