Sukses

Pelajaran Penting dari Perjuangan Jupe Lawan Kanker Serviks

Belajar dari kasus Julia Perez, pasien kanker perlu menjalankan gaya hidup sehat setelah merasa fisik sembuh dari kanker.

Liputan6.com, Jakarta Pelajaran penting bisa kita ambil dari Julia Perez dalam melawan kanker serviks. Belajar dari kasus Jupe, praktisi klinis, Ari Fachrial Syam, mengingatkan pentingnya pasien kanker menjalankan gaya hidup sehat setelah dikatakan tidak ada sel kanker di tubuhnya.

"Penyakit kanker sendiri memang penyakit yang mematikan dan seseorang yang telah diobati pun tidak bisa dikatakan sembuh, hanya bisa dikatakan penyakitnya mengalami remisi," kata Ari.

Artinya walaupun secara fisik pasien telah sembuh tetap harus kontrol ke dokter. Lalu, harus menjalani gaya hidup sehat karena sewaktu-waktu kanker bisa kambuh. Gaya hidup sehat yang perlu dijalankan diantaranya dengan mengonsumsi makanan sehat, banyak mengosumsi sayur dan buah-buahan serta istirahat cukup.

Pasien yang mengalami relaps setelah mengalami remisi maka akan disebut bahwa kankernya kambuh. "Bisa saja untuk satu kurun pengobatan saat ditemukan masih dini, pasien dinyatakan remisi tetapi karena pasien merasa dirinya benar-benar sudah sembuh mereka tidak memperhatikan kesehatan dan gaya hidupnya akhirnya akan mengalami relaps dan kambuh," katanya dalam surat elektronik yang diterima Health-Liputan6.com, Minggu (11/6/2017).

Dalam pengalaman praktiknya sebagai dokter penyakit dalam, Ari memiliki pasien kanker kolorektal stadium 1 dan 2 bisa bertahan hidup hingga lebih lima tahun karena menjaga gaya hidup. Sebaliknya bisa saja seseorang yang sudah dinyatakan remisi tetapi tidak memperhatikan gaya hidupnya dalam tempo 1-2 tahun bisa saja kankernya kambuh atau relaps.

Baca tiga berita populer yang terangkum selengkapnya dalam top 3 Lifestyle, Minggu (11/6/2017).

Seperti kita ketahui, Julia Perez 2014 pernah didiagnosis kanker leher rahim (kanker serviks) stadium 2a di 2014. Jupe pun menjalani pengobatan dengan harus bolak-balik ke sebuah rumah sakit di Singapura. Hingga pada Januari 2015, Jupe dinyatakan sembuh total dari kanker serviks.

Sayang, kondisi kesehatan sahabat Luna Maya ini kembali bermasalah pada Juni 2016. Beberapa bulan kemudian, tepatnya Desember 2016 Jupe menjelaskan, kanker yang dideritanya sudah masuk stadium 4. Hingga akhirnya, Julia Perez meninggal pada Sabtu, 10 Juni 2017 di usia 36 tahun. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.