Sukses

Makanan Sahur Praktis dan Sarat Gizi untuk Hari yang Sibuk

Liputan6.com, Jakarta Berpuasa dari fajar sampai matahari terbenam di bulan Ramadan memang bisa membuat lelah. Dan karena makanan bisa menentukan berjalannya hari Anda, penting untuk memperhatikan santapan saat sahur, terutama saat tahu akan sibuk seharian.

Banyak orang yang memilih untuk melewatkan sahur (untuk memastikan mereka tidak kurang tidur), atau memilih makanan yang salah. Padahal, untuk memastikan Anda tak akan lelah saat harus banyak beraktivitas, kuncinya ada pada makanan sahur.

Makanan sahur dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang akan membuat Anda tetap enerjik dan membantu menahan perasaan lapar dan haus.

Sebaiknya hindari makanan asin, seperti keju, daging asap, atau acar, karena akan membuat Anda haus. Begitu juga dengan makanan pedas. Hindari juga makanan dengan gula sederhana, seperti roti, permen, keik, dan sereal hambar yang bisa meningkatkan gula darah sehingga membuat Anda jadi ingin mencemil.

Melansir Alarabiya, Jumat (9/6/2017), berikut makanan sahur praktis dan sarat nutrisi yang pas untuk hari sibuk Anda:

1 dari 4 halaman

1. Selai kacang dan pisang

Selai kacang adalah sumber protein yang tinggi. Makanan ini juga dipenuhi oleh lemak tak jenuh yang sehat. Keduanya memiliki efek yang mengenyangkan.

Oleskan selai kacang pada roti yang terbuat dari gandum utuh, lalu pasangkan dengan potongan pisang. Pisang adalah sumber pati yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

2 dari 4 halaman

2. Telur rebus

Telur adalah sumber protein dan vitamin D yang sehat. Walaupun beberapa orang memilih untuk menghindarinya karena kadar kolesterol yang tinggi, kolesterol dalam makanan memiliki efek yang lebih rendah pada kolesterol darah dibanding, misalnya, lemak jenuh.

Lagipula, mereka dengan kolesterol tinggi sekalipun masih diperbolehkan makan dua butir telur dalam seminggu.

Pasangkan telur dengan roti gandum dan tambahkan potongan tomat untuk tambahan serat.

3 dari 4 halaman

3. Smoothie buah

Smoothie sering dimusuhi karena kandungan gulanya yang tinggi, tapi hal ini tergantung pada cara Anda membuatnya.

Gabungkan biji chia, yoghurt, anggur, dengan es batu lalu blender. Anda akan mendapatkan smoothie yang kaya akan omega-3, serat, dan protein yang bisa menjaga kadar gula darah dan energi tubuh.

Artikel Selanjutnya
Be Healthy: 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sarapan
Artikel Selanjutnya
Anak Sekarang Jarang Diberikan Makanan yang Bergizi