Sukses

Minum Susu Saat Muda, Cegah Osteoporosis Usia Tua

Apa gunanya minum susu saat muda?

Liputan6.com, Jakarta Zat gizi yang terdapat di segelas susu memberi banyak manfaat untuk hidup manusia. Dengan mutu protein terbaik dibanding daging maupun ikan, susu baik untuk pembentukan jaringan otak dan tahap tumbuh kembang anak.

Jaringan otak terdiri dari 50 sampai 60 persen lemak, protein, vitamin, dan mineral. Berat otak manusia pada tahun pertama kehidupan adalah 70 persen dari berat otak orang dewasa. Oleh karena itu, pada periode ini diperlukan zat-zat gizi yang cukup untuk membentuk jaringan otak yang sempurna.

Ahli gizi sekaligus dosen di jurusan gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II, Dr Marudut MPS, mengatakan, susu dapat membantu memasok kebutuhan protein dan lemak yang tubuh butuhkan. Sehingga kebutuhan zat gizi tersebut pun dapat terpenuhi.

"Pada masa kanak-kanak, susu dapat memasok energi untuk aktivitas sehari-hari serta protein dan kalsium untuk pertumbuhan yang optimal," kata dia.

Lebih lanjut, asupan protein dan kalsium di masa remaja, baik untuk mendukung perkembangan sistem reproduksi yang baik, dan meningkatkan mineral kalsium pada tulang.

"Minum susu di masa muda adalah investasi kalsium untuk jaringan tulang yang sehat pada usia lanjut," kata Marudut dalam diskusi Manfaat Susu untuk Perkembangan Tahap Kehidupan yang Optimal, Rabu, 7 Juni 2017.

Dengan rajin minum susu kita dapat mencegah osteoporosis di usia tua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.