Sukses

Alasan Ibu Menyusui Tak Dianjurkan Berenang

Kolam renang berkaporit dapat membahayakan ASI ibu menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Renang merupakan aktivitas fisik terbaik untuk mendapatkan tubuh proposional dan sehat. Namun, latihan fisik ini rupanya tak disarankan bagi ibu yang masih menyusui.

Melansir laman Boldsky, Kamis (8/6/2017), renang dapat memengaruhi kondisi payudara sampai produksi susu seperti berikut ini.

1.Puting susu kering

Klorin yang terdapat pada air kolam renang dapat menyebabkan dehidrasi kulit termasuk kulit di sekitar puting. Gunakan krim khusus untuk mencegah kondisi ini.

2. Aliran ASI terhambat

Suhu dingin konon dikaitkan dapat menurunkan kadar oksitosin dalam tubuh. Sementara hormon ini justru amat dibutuhkan ibu saat menyusui. Meski air kolam renang tidak langsung berdampak pada aliran ASI ibu, ia bisa membuat ASI terhambat jika tubuh kelamaan berada di suhu dingin.

3. Mencemarkan ASI

Meski tingkat kebersihan air di kolam renang sudah diatur dengan maksimal, jika air kolam renang tertelan dapat mencemarkan ASI yang bisa mengancam kesehatan bayi. Jika Anda ingin melakukan aktivitas ini baiknya konsultasikan terlebih dahulu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini