Sukses

Olahraga yang Cocok dan Tak Bikin Lemas Selama Ramadan

Puasa Ramadan jalan terus, olahraga pun tetap harus jalan terus. Lakukan olahraga ini selama puasa Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Tidak perlu takut lemas dan lesu karena berolahraga selama puasa Ramadan. Selama pilihan jenis dan waktunya tepat, melakukan aktivitas fisik dalam keadaan perut kosong tetap bisa membuat kita fit sepanjang hari.

Menurut Dokter Nadia Octavia dari situs Klik Dokter, waktu terbaik untuk berolahraga selama Ramadan adalah 30 sampai 45 menit jelang waktu buka.

Di waktu itu, begitu selesai olahraga Anda bisa langsung berbuka dengan minuman dan makanan manis untuk menggantikan cairan yang hilang.

Dr Nadia pun membeberkan lima jenis olahraga paling ideal yang aman dilakukan selama puasa Ramadan;

1. Bersepeda

Bersepeda dengan intensitas ringan pun dapat membakar kalori di tubuh kita. Juga dapat meningkatkan stamina kita selama berpuasa.

Bersepeda selama satu jam dapat membakar 300 kalori.

2. Berlari

Sama seperti bersepeda, berlari dengan kecepatan yang rendah sekalipun tetap membuat tubuh bugar. Kalori yang terbakar bila Anda berlari selama 30 menit adalah 210 kalori.

3. Yoga

Yoga bagus buat pernapasan, menguatkan otot, dan meningkatkan konsentrasi. Olahraga ini baik dilakukan selama puasa Ramadan. Hanya saja hindari yoga bikram.

Yoga jenis bikram di lakukan di ruangan bersuhu tinggi. Ditakutkan Anda dehidrasi.

4. Pilates

Pilates mirip dengan yoga. Olahraga yang baik untuk memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas ini membakar 200 kalori

5. Sit up, push up, dan plank

Terlihat sederhana. Namun, ketiga jenis latihan ini efektif membangkitkan stamina. Lakukan selama 30 menit dengan tidak lupa pemanasan terlebih dahulu.

Kalori terbakar, puasa di bulan Ramadan pun tetap jalan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.