Sukses

Fakta Menarik soal Tampon yang Belum Diketahui Wanita

Meski penggunaan tampon untuk wanita Indonesia masih tabu, sejarah tampon yang menarik berikut ini wajib diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Tampon yang memiliki kegunaan sama seperti pembalut ini rupanya pernah digunakan sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan.

Berasal dari Mesir kuno, pada pertengahan 1990, Museum Sains di London menampilkan tampon yang digunakan sebagai alat untuk mencegah kehamilan. Sejarah medis kala itu menuliskan tampon kontrasepsi itu terbentuk dari campuran akasia berry, colocynth, dan madu sebagai spermisida.

Seperti dikutip laman Hello Giggles, Selasa (6/6/2017) berikut fakta dan sejarah menarik tentang tampon.

1. Tampon saat perang dunia pertama

Selama perang dunia pertama, para perawat kala itu membuat tampon mereka sendiri dari perban. Namun, tampon tersebut bukan digunakan untuk menstruasi, melainkan menghentikan pendarahan dan luka para tentara dan korban selama perang.

2. Tampon seharga 32 ribu dolar

Seorang pengusaha wanita, Denver Gertrude Tendrich, membeli tampon paten milik Dr. Earl Haas pada 1931 seharga 32 ribu dolar atau sekitar Rp 400 juta. Konon, tampon tersebut memiliki material yang kuat.

3. Tampon kondom sintetis

Seorang karyawan, Kimberly-Clark, perusahaan di bidang tampon dan pampers, John Williamson, pernah mencoba mengembangkan tampon sebagai kondom sintetis yang berasal dari kapas. Namun, ia menyangkal saat kabar tersebut dimuat di media.

4. Tampon ilegal di AS

Pada 1873, kongres AS mengeluarkan undang-undang dan melarang wanita AS menggunakan tampon karena benda tersebut masuk ke dalam item pornografi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.