Sukses

4 Cara Manfaatkan Madu agar Rambut dan Muka Kinclong

Rasakan manfaat besar madu untuk kulit dan rambut Anda.

Liputan6.com, Jakarta Madu memiliki khasiat antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi (anti-peradangan) sehingga bermanfaat untuk mengobati luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Penelitian ilmiah menemukan madu dapat memerangi sekitar 60 spesies bakteri, beberapa spesies jamur, dan virus.

Dilansir dari laman Marie Claire, Senin (5/6/2017), berikut ini manfaat madu untuk kulit dan rambut. Jika Anda tidak biasa menggunakan madu, kini Anda bisa mencoba manfaatnya.

1. Sembuhkan luka bakar

Jika terkena sengatan matahari, yang dapat menimbulkan luka bakar pada kulit, oleskan madu pada kulit. Anda juga bisa mencampurnya dengan losion yang dipakai. Oleskan tiap beberapa jam sampai kemerahan pada kulit berkurang.

2. Usir jerawat

Madu bisa bekerja efektif mengusir jerawat. Sifat antibakteri pada madu bertindak sebagai obat. Ada juga sifat humektan (pelembap) sehingga tidak akan membuat kulit menjadi kering. Oleskan pada kulit, lalu diamkan semalam.

3. Perkuat dan mengatasi kerusakan rambut

Antioksidan yang berasal dari madu, yang dikenal sebagai propolis dapat membantu perawatan rambut. Rambut menjadi kuat dan mengatasi kerusakan rambut. Oleskan madu pada rambut. Biarkan selama tiga menit sebelum membilasnya.

4. Gunakan madu untuk membersihkan wajah

Anda bisa menggunakan madu untuk membersihkan wajah dari riasan (makeup) dan kotoran yang menempel di wajah. Cukup oleskan sesendok ke ujung jari dan pakai madu untuk memijat kulit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, biarkan selama lima menit sebelum dibilas. Kulit Anda akan terasa sangat lembut, lembut, dan bersih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.