Sukses

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Gunakan Tisu Wajah

Anda perlu memerhatikan kembali cara menggunakan tisu wajah.

Liputan6.com, Jakarta Untuk membersihkan wajah dari kotoran, sebagian dari Anda mungkin memakai tisu wajah. Tisu wajah memang membantu menyegarkan wajah dengan mudah dan membersihkan kotoran yang terkumpul di lapisan atas kulit secara cepat. Anda pun tidak begitu perlu upaya ekstra untuk membersihkan wajah.

Menggunakan tisu wajah bukanlah hal yang sulit. Tapi ada beberapa kesalahan yang kerap kita lakukan saat menggunakan tisu ini yang sebaiknya dihindari, dikutip dari Boldsky, Senin (5/6/2017).

1. Hindari menyeka terlalu keras

Menyeka wajah dengan keras atau terlalu memberi tekanan pada kulit dapat membantu mengeluarkan kotoran dan racun dengan mudah. Ini adalah mitos yang harus dihindari. Sebaliknya, Anda harus menyeka wajah dengan lembut.

Terapkan cara menyeka tisu dari atas ke bawah untuk menyingkirkan kotoran dengan mudah. Jika Anda berjerawat, hati-hati saat menggunakan tisu agar tak terjadi iritasi.

2. Hanya fokus pada pusat wajah

Kebanyakan orang cenderung fokus pada bagian tengah wajah ketika membersihkan wajah. Hal ini dikarenakan mereka yakin area tersebut penuh dengan debu dan kotoran.

Namun, Anda harus ingat, krim BB Anda masih melekat di sekitar garis rambut (batas tumbuh rambut antara wajah dan kepala), yang dapat menyebabkan jerawat.

Saat menggunakan tisu wajah, Anda harus memastikan telah membersihkan wajah secara menyeluruh dan memerhatikan garis rambut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan garis rahang

3. Perhatikan garis rahang

Bagian lain dari wajah yang kerap terlewat saat dibersihkan adalah area dagu. Anda mungkin berpikir, tidak ada riasan atau debu yang melekat pada garis rahang.

Namun, ingatlah, riasan dan krim wajah biasanya melekat di bawah dagu. Jangan lupa untuk membersihkan area tersebut karena rias wajah yang tertinggal bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan berisiko timbulnya jerawat.

4. Penggunaan waktu yang tidak sesuai

Saat Anda bepergian, tidak masalah menggunakan tisu wajah. Tapi bukan berarti Anda bisa membersihkan wajah dengan tisu wajah setiap waktu. Ada waktu yang tepat kapan Anda perlu menggunakan tisu wajah. 

Kebanyakan orang menggunakan tisu wajah usai berolahraga di gym atau di rumah, yang sebenarnya bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati dengan mudah.

Cara penggunaan ini harus dibatasi dan gunakan tisu sesuai dengan situasi.

3 dari 3 halaman

Menyeka mata setelah bersihkan riasan

5. Menyeka mata setelah bersihkan riasan

Menyeka mata setelah Anda membersihkan sisa riasan wajah dengan tisu wajah adalah kesalahan terbesar. Hindari menyeka wajah pada bagian tisu yang sudah digunakan untuk membersihkan bagian area wajah lainnya.

Hal ini mencegah bakteri masuk ke mata, pastikan bagian tisu yang digunakan untuk menyeka mata benar-benar bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.