Sukses

Stres pun Bisa Memicu Munculnya Jerawat

Kenali hal-hal yang Anda tidak sadari yang menyebabkan munculnya jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat terkadang membuat penampilan diri kurang percaya diri. Apalagi sebagian wanita mungkin malu saat jerawat muncul dan tampak besar di wajah. Salah satu cara, biasanya Anda mungkin menutupi jerawat dengan saputangan atau tisu.

Ahli kulit dari Irlandia, Jennifer Rock, membeberkan hal-hal yang tidak Anda sadari, yang bisa bisa menyebabkan timbulnya jerawat Anda sebagaimana ditulis dari Independent, Senin (5/6/2017).

Stres

Stres bukan hanya mempengaruhi otak, tapi sangat memengaruhi kondisi kulit. Stres dapat menyebabkan berkembangnya paparan radikal bebas ke dalam tubuh sehingga lebih rentan terhadap peradangan.

Hal tersebut membuat tubuh menjadi tidak mampu melawan bakteri yang tidak diinginkan. Pergantian sel di area kulit menjadi terhambat. Jerawat pun dapat muncul.

Terlalu banyak makan gula

Gula dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, sehingga bisa memicu timbulnya jerawat. Terutama jika Anda terlalu banyak atau tidak mampu membatasi gula.

Selain itu, makanan olahan dan makanan yang dibakar juga menyebabkan peradangan. Hal tersebut bisa membuat jerawat muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat