Sukses

7 Penyebab Tubuh Gampang Lelah

Ada penyebab Anda mudah lelah.

Liputan6.com, Jakarta Lelah sering kali menjadi pertanda bahwa tubuh Anda memerlukan istirahat. Namun, apa yang terjadi bila rasa lelah justru melanda Anda tiap waktu? Aktivitas sehari-hari bisa saja terganggu.

Ada beberapa penyebab, Anda merasa lelah, dikutip dari Women's Health Magazine, Senin (5/6/2017).

1. Dehidrasi

Tanpa asupan cairan yang kuat, tekanan darah dapat turun sehingga memperlambat pengiriman oksigen ke otak. Anda bisa merasa pucat. Minum air putih antara enam sampai delapan gelas dalam sehari.  

2. Tiroid kurang aktif

Hipotiroidisme adalah ketika tiroid--kelenjar yang menghasilkan hormon untuk mengendalikan rasa kantuk dan kelaparan--menjadi kurang aktif. Penyebab umum, Anda terlalu kelebihan tidur.

Jika Anda merasa lelah tapi banyak tidur, segera ke dokter. Lakukan tes darah untuk mendeteksi perkembangan kelenjar.

3. Minum alkohol

Alkohol bisa membahayakan kualitas tidur. Bahan kimia dalam alkohol mengganggu siklus tidur Anda sehingga mencegah tidur nyenyak. Anda akan mudah lelah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alami sleep apnea

4. Alami sleep apnea

Kelainan ini mempengaruhi 3-7 persen populasi. Penderita terbangun karena mereka berhenti bernapas mulai lima kali sampai ratusan kali dalam satu jam.

Gejala lain sleep anea berupa mendengkur, obesitas, dan terbangun dengan sakit kepala, yang disebabkan oleh kekurangan oksigen di malam hari. Bila mengalami ini, segera periksa ke dokter.

5. Tidur siang

Tidur siang bisa mengurangi waktu tidur malam. Anda menjadi mudah lelah keesokan harinya.

3 dari 3 halaman

Mood terganggu

6. Suasana hati (mood) terganggu

Jika Anda tidak mood atau depresi, rasa kantuk mudah menyerang.  Hal ini bisa mempengaruhi kualitas tidur.

Tidur bukan tidak nyenyak, melainkan waktu bangun tidur lebih lambat, yang bisa menyebabkan kelebihan tidur. Sebaiknya, segera periksakan diri Anda ke dokter.

7. Kekurangan mineral

Magnesium memainkan peran penting menjaga kadar glukosa darah, kesehatan otot, dan konsentrasi.

Jika kekurangan ini semua bisa membuat Anda merasa lesu. Anda bisa makan lebih banyak sayuran berdaun dan kacang-kacangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.