Sukses

Studi: Ukuran Pinggang Bisa Prediksi Risiko Kanker

International Agency for Research on Cancer (IARC) menemukan hasil penelitian bahwa ukuran pinggang bisa prediksi risiko kanker seseorang.

Liputan6.com, Jakarta International Agency for Research on Cancer (IARC) menemukan, ukuran pinggang dapat memprediksi risiko kanker pada setiap orang.

Pemimpin penelitian, Heinz Freisling, Ph.D., mengatakan, Indeks Massa Tubuh atau BMI, ukuran lingkar pinggul, dan rasio pinggul ke pinggang juga bisa menentukan munculnya kanker.

"Temuan kami menunjukkan bahwa baik BMI maupun seluruh lemak dalam tubuh dapat menjadi indikator akurat untuk mengetahui risiko kanker," ujar Freisling.

Kelebihan berat badan dikaitkan dengan 13 jenis kanker termasuk payudara, usus dan pankreas. Seperti dilansir laman Glamour, Senin (4/6/2017) bertambahnya berat badan yang diikuti dengan peningkatan lemak visceral--lemak dalam yang membungkus organ tubuh--berpotensi menyebabkan komplikasi kesehatan termasuk kanker.

Freisling mengatakan khususnya bagi wanita, ukuran pinggang lebih dari 88 centimeter, meningkatkan risiko kanker dan diabetes tipe 2 lebih tinggi. Pencegahannya, rutin beraktivitas fisik setiap hari selama 30 menit untuk menjaga berat badan tubuh dan pembakaran lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.