Sukses

Trik Atasi Bau Mulut Selama Puasa

Bau mulut merupakan masalah utama saat puasa di bulan Ramadan. Namun ada trik yang bisa Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut merupakan masalah utama saat puasa di bulan Ramadan. Sebenarnya hal ini normal lantaran selama berpuasa, rongga mulut akan lebih kering dari biasanya karena tidak ada makanan yang dikunyah selama sehari penuh sehingga produksi saliva (liur) berkurang.

Hal ini kemudian menyebabkan bakteri anaerob penghasil belerang berkembang biak terutama pada kondisi oral hygiene (kebersihan mulut) buruk.

Untuk menjaga napas tetap segar selama berpuasa, drg. Martha Mozartha M.Si dari Klik Dokter menyarankan agar Anda memperhatikan kebersihan gigi dan mulut.

"Penggunaan pasta gigi dapat dilakukan di luar waktu berpuasa, yaitu saat menyikat gigi malam hari sebelum tidur dan setelah sahur," katanya.

Selain itu, untuk mencegah bau mulut, juga bisa dilakukan di siang hari–dengan catatan Anda berhati-hati agar jangan sampai tertelan.

"Usahakan juga memilih menu berbuka dan sahur yang tidak mengandung senyawa sulfur. Hindari makanan tinggi kandungan gula seperti susu, bawang putih dan merah. Mengonsumsi banyak minum air putih dapat menghindari tubuh dari kekurangan cairan dan bau mulut selama berpuasa," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini