Sukses

Alami Radang Sendi? Coba Makan Bayam

Sayur bayam ternyata bisa meringankan nyeri akibat rheumatoid arthritis atau radang sendi.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Arthritis Care & Research menemukan, sayur bayam ternyata bisa meringankan nyeri akibat rheumatoid arthritis atau radang sendi. Survei yang dilakukan pada 200 orang ini juga menemukan, makanan tinggi gula serta minuman bersoda bisa memperparah kondisi tersebut.

Kenapa bayam? Periset sendiri tidak yakin mekanismenya. Namun seperti dilansir Everydayhealth, mereka percaya bahwa bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mengurangi sakit akibat radang sendi, ungkap pakar kesehatan di Bastyr University, San Diego, California, Neal Malik, MPH, RDN.

"Senyawa antioksidan dikenal dapat menghacurkan radikan bebas yang memicu peradangan," uajrnya.

Studi ini mencatat, hanya 7 kalori per cangkir, bayam mengandung 56 persen jumlah vitamin A harian yang disarankan. Tak hanya itu, bayam juga memiliki 181 persen vitamin K yang merupakan komponen penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang.

"Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan, jangan masak bayam terlalu matang atau dihangatkan. Sebab kandungan asam folat, vitamin C dan vitamin K sangat peka terhadap cahaya atau panas," kata Neal.

Cara sehat yang paling disarankan, lanjut Neal, adalah dengan mencampur bayam dengan bahan salad lain seperti tomat, zaitun serta ayam panggang. Anda juga bisa membuat jus bayam atau membuat saus yoghurt dari bayam.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.