Sukses

Segelas Susu Sehari Kurangi Risiko Diabetes dan Hipertensi

Ada baiknya minum susu segelas sehari agar terhindar dari diabetes dan hipertensi.

Liputan6.com, Singapura Pencinta susu berisiko minim terkena diabetes dan hipertensi. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National University of Singapore, Singapura. Studi ini menemukan, orang dewasa yang minum susu setidaknya satu gelas tiap hari memiliki risiko diabetes 12 persen lebih rendah.

Mereka juga memiliki risiko 6 persen lebih rendah mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi). Sebuah pengamatan serupa dilakukan terhadap konsumen produk susu, yang terdiri dari 11 kelompok makanan olahan susu.

Peserta yang mengonsumsi rata-rata 252 liter susu per hari memiliki risiko hipertensi dan diabetes sebesar 7-11 persen lebih rendah.

Peneliti juga memantau peserta selama periode 10 tahun, kata Prof Koh Woon Puay, ditulis dari The Straits Times, Sabtu (3/6/2017).

Studi yang diterbitkan tahun ini juga menemukan, orang Asia ternyata minum lebih sedikit susu daripada orang-orang dari negara lain.

Misalnya, warga negara Tiongkok yang minum sekitar 20 liter susu per kapita pada tahun 2013. Sementara itu, orang Finlandia mengonsumsi 125 liter susu per kapita pada 2013.

"Orang Asia juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit susu daripada orang Barat karena adanya perbedaan masakan. Roti, yang mengandung mentega biasa tersaji di banyak negara Eropa, sedangkan makanan pokok kita yang ada di sini, rata-rata nasi," ujar Koh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah meningkat

    Hipertensi

  • susu