Sukses

Ini 6 Tanda Pasangan Lakukan Selingkuh Perasaan

Liputan6.com, Jakarta Selingkuh tidak selalu berhubungan fisik. Kini ada juga orang-orang yang melakukan selingkuh hati atau perasaan. Memang orang yang melakukan selingkuh hati dalam menjalankan hubungan keduanya jarang bertemu atau bahkan tidak pernah bertemu.

Walau tak ada hubungan fisik, orang yang melakukan selingkuh hati juga membuat perubahan hubungan dengan pasangan sesungguhnya. Bila tanda-tanda berikut nampak pada pasangan, mungkin dia melakukan selingkuh perasaan. Berikut tandanya, mengutip Prevention, Jumat (2/6/2017).

1. Kehidupan seks berubah drastis

Ketika seseorang melakukan perselingkuhan perasaan tapi belum sampai ke hubungan fisik, frekuensi seks dengan pasangan berubah drastis. Biasanya menjadi meningkat.

"Ada hasrat yang ingin disalurkan dengan perasaan meletup yang sedang ia rasakan," kata psikoterapis, Ginnie Love.

Namun, pendapat Ginnie tidak bisa disamaratakan. Tiap individu yang sedang mengalami selingkuh perasaan bisa juga hasrat seksualnya menurun.

2. Dekat tapi terasa jauh

Jika seseorang mendapatkan perhatian dan dukungan emosional dari orang lain, dia kemungkinan jadi lebih sedikit membahas diri atau masalahnya dengan pasangannya sendiri.

"Karena biasanya, energi emosional kita mengarah kepada orang yang paling membuat kita tertarik," kata Ginnie.

3. Sikapnya berubah

Selain menarik diri, pasangan yang sedang melakukan selingkuh perasaan bisa jadi lebih mudah mengkritik apa yang Anda lakukan. Misalnya masakan yang dibuat, selera musik, selera film, padahal hal tersebut adalah diri Anda yang lama.

"Mungkin dia tanpa sadar sedang membandingkan diri Anda dengan selingkuhannya," kata Ginnie.

1 dari 2 halaman

Frekuensi melihat gawai bertambah

4. Frekuensi melihat gawai bertambah

Anda akan melihat perubahan sikapnya terhadap peralatan elektronik. Bila sebelumnya dia jarang memegang ponsel, kini dia lebih banyak menghabiskan waktu dengan ponsel. Entah chatting ataupun mengecek media sosial.

Bila Anda berkomentar terhadap perubahan perilakunya, dia akan merasa bersalah.

5. Cara adu argumen berubah

Adu argumen adalah hal yang biasa terjadi pada banyak pasangan. Namun, orang yang sedang melakukan selingkuh emosional, cara adu argumennya berubah, seperti diungkapkan psikiatris Gail Saltz.

6. Merasa bukan lagi menjadi nomor satu

Ketika ada orang lain yang masuk dalam kehidupannya, walau tanpa hubungan fisik, pasangan akan menyadari.

"Jika Anda merasa bukan lagi menjadi orang nomor satu baginya, dan ada banyak hal penting yang dia tak langsung bagi bagi dengan Anda pertama kali, bisa jadi hubungan Anda sedang tidak kuat," kata pakar hubungan, Jane Greer.

 

Artikel Selanjutnya
Tips Hindari Pertengkaran Pasangan agar Tak Berujung Pembunuhan
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Sering Terjadinya Perselingkuhan dalam Pernikahan