Sukses

6 Fakta Mengerikan Ibu Menyusui yang Minum Alkohol

Selain mengubah rasa ASI, alkohol yang dikonsumsi ibu menyusui juga akan menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak.

Liputan6.com, Jakarta Meski ada takaran ideal untuk mengonsumsi alkohol, tapi bagi ibu menyusui minuman ini justru akan merusak kesehatan ibu dan si kecil.

Banyak penelitian menemukan masalah perkembangan pada bayi dari ibu menyusui yang minum alkohol. Seperti dikutip laman Boldsky, Jumat (2/6/2017), berikut fakta mengerikan yang terjadi pada bayi dari ibu yang minum alkohol.

Fakta 1

Alkohol dalam ASI bisa membuat bayi merasa mengantuk dan mudah tertidur. Hal itu bisa mempengaruhi kualitas tidur si kecil.

Fakta 2

Banyak penelitian membuktikan bahwa kebiasaan minum alkohol yang dilakukan ibu menyusui mampu memperlambat perkembangan motorik bayi.

Fakta 3

Periset juga menegaskan, bukan hanya keterampilan motorik bayi yang mungkin terganggu karena alkohol. Kesehatan bayi secara menyeluruh juga akan terkena dampaknya.

Fakta 4

Sebuah studi baru mengatakan bahwa alkohol juga bisa menunda pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Fakta 5

Selain mengubah rasa ASI, dua persen alkohol yang dikonsumsi ibu dan masuk ke dalam ASI juga akan merusak fungsi ASI seutuhnya.

Fakta 6

Dalam beberapa kasus, minum alkohol selama menyusui juga bisa menyebabkan sindrom kematian bayi mendadak.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.