Sukses

Cara Aman Pencet Jerawat Tanpa Menimbulkan Infeksi

Menggunakan tisu alkohol atau peralatan khusus untuk memencet jerawat dalam keadaan steril menjadi cara aman untuk memencet jerawat wajah.

Liputan6.com, Jakarta Saat jerawat muncul di permukaan kulit wajah, pasti tangan rasanya gatal untuk memencetnya. Namun, sebelum Anda memencet dengan tangan telanjang sebaiknya lakukan aturan berikut ini.

Meski ada kepuasan tersendiri saat memencet jerawat, Jeanine B Downie, MD, ahli dermatologi di New Jersey, mengatakan kebiasaan tersebut tidak sepenuhnya dapat menghilangkan seluruh jerawat dari dalam kulit Anda.

"Sebenarnya, itu bisa memperburuk kondisi jerawat, berubah infeksi juga bekas luka," kata Downie dikutip dari Huffington Post, Jumat (2/6/2017).

Saat tangan menekan jerawat, kemungkinan besar bakteri atau kotoran di jari akan pindah ke wajah, atau langsung masuk ke dalam jerawat. Untuk mencegahnya, Downie menyarankan penggunaan alat steril saat memencet jerawat.

Pakai peralatan steril, seperti sarung tangan, dan membersihkan area jerawat dengan tisu alkohol. Selain itu, Anda juga bisa mengobati jerawat dengan produk yang mengandung agen antibakteri, seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, dan retinol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini