Sukses

Peneliti Temukan Antioksidan Baru yang Perlambat Penuaan Kulit

Temuan antioksidan yang bisa memperlambat penuaan kulit.

Liputan6.com, Amerika Serikat Peneliti dari University of Maryland, Amerika Serikat menemukan, bahan kimia berupa zat antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan kulit. Antioksidan yang dikenal sebagai methylene blue ini dinilai aman.

Studi ini dipimpin Kan Cao, seorang profesor genetika molekuler dan biologi sel di University of Maryland. Penelitian baru ini dipublikasikan di jurnal Scientific Reports pada 30 Mei 2017.

Sel kulit diambil dari donor orang berusia setengah baya dan usia 80-an tahun yang sehat. Sel kulit dari mereka yang menderita progeria--penyakit genetik pada penuaan tingkat tinggi yang cepat juga diuji.

Ternyata methylene blue bisa memperlambat penuaan pada orang yang berusia 80-an tahun, ditulis dari World Health, Jumat (2/6/2017). Sel kulit yang diberikan methylene blue menunjukkan pengurangan molekul berbahaya yang menurunkan tingkat kematian sel.

Hal yang menarik, dalam simulasi, kulit yang diberikan methylene blue mampu menahan lebih banyak air dan kulit menjadi lebih tebal. Karakteristik ini menjadikan kulit jadi lebih awet muda.

Untuk rencana ke depan, antioksidan ini kemungkinan akan digunakan dalam sejumlah produk perawatan kulit. Salah satunya guna mengukur seberapa besar keamanan obat salep kulit yang akan digunakan konsumen. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.