Sukses

Kanker Payudara Setingkat Yana Zein, Peluang untuk Sembuh Kecil

Aktris Yana Zein meninggal dunia kerena kanker payudara stadium 4. Apa ciri kanker payudara stadium lanjut?

Liputan6.com, Jakarta Aktris yang memulai debut akting di film Cintaku di Rumah Susun (1987), Yana Zein, meninggal dunia. Zein meninggal setelah berjuang melawan kanker payudara stadium 4.

Di Indonesia, Yana Zein tidak sendiri dalam menghadapi kasus kanker payudara. Diperkirakan ada 49.000 kasus baru kanker payudara setiap tahun dengan perkiraan sekitar 20.000 pasien yang meninggal dunia.

Stadium kanker payudara yang diderita Yana Zein sudah masuk lanjut. Dalam sebuah kesempatan, dokter onkologi medik RS Kanker Dharmais Jakarta, Ronald Huko, mengungkapkan, ketika seseorang sudah terkena kanker dalam stadium lanjut, kemungkinan sembuh semakin kecil.

"Semakin tinggi stadiumnya, angka untuk sembuh semakin kecil," kata Ronald.

Berbeda dengan kanker payudara stadium awal yang tidak teraba serta diketahui, orang dengan kanker payudara stadium lanjut biasanya akan mengeluhkan rasa nyeri. Menurut pemaparan dokter Ronald saat itu, hal tersebut terjadi karena tumor tersebut mengenai saraf sehingga menyebabkan rasa sakit atau nyeri.

Selain rasa nyeri, berikut gejala stadium lanjut yang biasa dikenali oleh pasien kanker payudara stadium lanjut:

- Kulit pada permukaan payudara seperti kulit jeruk

- Benjolan payudara membesar, menimbulkan luka atau bernanah

- Muncul keluhan di bagian tubuh lain. Hal ini terjadi karena adanya metastasis atau penyebaran sel kanker lebih jauh, misalnya pada paru (ditandai dengan batuk dan sesak) atau hati (badan menjadi lemas), tulang (rasa nyeri).

Tentu, tak perlu menunggu kanker payudara stadium lanjut dengan ciri di atas baru memeriksakan diri. Perempuan wajib melakukan deteksi dini dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) untuk mengetahui ada tidaknya ciri.

Selain SADARI, pemeriksaan payudara bisa dibantu dengan USG atau bagi perempuan di atas 40 tahun dapat melakukan mamografi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.