Sukses

Bahayanya Minum Kopi Saat Sahur dan Buka Puasa

Minum kopi saat berbuka maupun sahur tidak dilarang, tapi jika tidak mengikuti aturan minum kopi bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan minum kopi di pagi hari menjadi ritual yang sulit dihindari. Sehingga membuat sejumlah penikmat kopi menggeser waktu minum kopi menjadi di saat sahur. Sebenarnya, aman atau tidak untuk perut?

 

Melansir jurnal berjudul Transform Your Habits, milik James Clear, dijelaskan bahwa mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi maupun teh selama sahur sebenarnya baik-baik saja. Hanya saja ada yang perlu Anda perhatikan, yaitu jumlah kafeinnya.

"Selama kandungan kafein tidak lebih dari 50 miligram, maka tubuh akan baik-baik saja. Namun, jika lebih dari itu, Anda akan lebih mudah merasa haus," kata Clear.

Kendati demikian, Clear menyarankan agar tiap individu mengganti kopinya saat sahur dengan jus buah.

Mengutip laman Nestle Family, Kamis (1/6/2017) selain saat sahur, penting juga untuk tidak langsung minum kopi saat berbuka, karena kafein yang masuk ke dalam lambung kosong dapat melukai dan merusak mukosa lambung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.