Sukses

6 Cara agar Tak Kehausan Saat Puasa

Rasa haus saat puasa biasanya lebih menyiksa dibanding perut yang keroncongan karena lapar.

Liputan6.com, Jakarta Rasa lapar saat puasa biasanya masih banyak yang bisa menahan, tapi rasa haus biasanya dianggap lebih menyiksa. Belum lagi, karena tubuh sebagian besar terbuat dari cairan, kurang asupan air bisa membuat dehidrasi.

Agar bisa menghindari kerongkongan yang rasanya seperti padang pasir di siang hari saat puasa, penting untuk memastikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur. Melansir Emirates247, Rabu (31/5/2017), makanan atau minuman saat sahur memegang peranan penting mengontrol rasa haus saat berpuasa.

Berikut beberapa trik yang bisa Anda ikuti agar tak kehausan saat puasa:

1. Minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Anda bisa mengejar ketinggalan pada malam hari, untuk memastikan jumlah air yang Anda minum mencukupi.

2. Hindari makanan panas dan pedas yang dapat meningkatkan rasa haus saat sahur.

3. Jangan memasukkan terlalu banyak garam dalam makanan. Hindari juga makanan seperti ikan asin atau acar yang dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan cairan.

4. Makan buah-buahan segar dan sayuran yang kaya akan air dan serat. Mereka bertahan lama dalam usus dan bisa mengurangi rasa haus.

5. Minum jus buah segar, dan hindari jus dengan pemanis buatan.

6. Usahakan untuk tidak langsung minum banyak air sekaligus saat makan. Cobalah untuk minum air di antara waktu makan dalam jumlah sedang namun sering.

Penting untuk diperhatikan: Minum air es saat buka puasa tidak akan mengobati rasa haus tapi malah akan menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Cobalah minum air dengan suhu ruang atau sedikit dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini