Sukses

5 Pelajaran Berharga dari Perceraian

Tak berarti ketika Anda dihadapkan dengan perceraian hidup Anda juga turut berakhir.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang memiliki impian bahagia dalam sebuah perkawinan, hidup langgeng dan menghabiskan sisa umur bersama pasangan. Namun sayangnya, banyak pasangan yang terpaksa menunda impian indah tersebut. Hampir 50 persen pernikahan berakhir dengan perceraian.

Dalam beberapa situasi, perceraian memang mutlak untuk dilakukan, meski tak satu pun orang yang memimpikan tentang perpisahan. Menjalin hubungan memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Namun tak berarti ketika Anda dihadapkan dengan perceraian hidup Anda juga turut berakhir.

Melansir Genius Beauty, Selasa (30/5/2017), meski perceraian menghadirkan rasa pahit, namun ketahuilah ada sisi positif di balik perceraian yang patut dipahami, seperti di bawah ini:

Waktu menyendiri

Sangat penting untuk memberikan waktu pada diri sendiri. Ini merupakan salah satu cara penyembuhan dari sakitnya perceraian. Gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk membahagiakan diri sendiri mulai dari tertawa, menangis, atau menjerit.

Belajar dari kesalahan

Perceraian sering kali terjadi karena kedua belah pihak memiliki kesalahan yang tak bisa lagi dimaafkan. Meski begitu tak berarti anda harus merenungi kesalahan yang dituduhkan oleh pasangan. Biarkanlah angin berlalu, jangan biarkan apa yang dituduhkan mantan pasangan anda membuat anda semakin terpuruk dan tak mampu move on.

Jadikanlah kesalahan yang dihadapkan pada Anda menjadi pelajaran penting dalam membangun jati diri Anda yang baru. Dengan begitu Anda akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi.

Menerima keadaan

Ini banyak terjadi pada setiap orang yang mengalami perceraian. Menyalahkan diri sendiri. Pelajaran terpenting dalam sebuah perceraian adalah menerima keadaan dengan lapang dada meski itu menyakitkan. Karena bisa jadi perpisahan adalah kesalahan terindah yang membukakan Anda pada kehidupan yang lebih baik.

Mencari pasangan baru

Anda berhak mendapatkan cinta yang baru. Pastikan diri Anda dalam situasi yang baik dan tak terpuruk ketika siap mencari cinta. Jangan trauma terhadap perpisahan. Ini adalah salah satu cara untuk hidup bahagia. Mungkin tak sekarang, namun akan tiba waktunya Anda pasti bertemu dengan jodoh. Jadi, jangan menyerah untuk meraih cinta di masa depan.

Tak ada yang abadi

Salah satu pelajaran penting dari perceraian adalah tak ada yang abadi. Dalam setiap kehidupan pasti ada akhir. Di mana ada pertemuan pasti ada perpisahan, tapi hanya caranya saja yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini