Sukses

Cara Cegah Terkena Serangan Kutu Saat Traveling

Tak perlu cemas saat bepergian, Anda bisa terlindungi dari kutu dengan cara berikut ini.

Liputan6.com, Waterloo Kutu menyukai area yang teduh dan basah. Salah satunya di rerumputan, taman, atau dekat danau. Tak heran, bila Anda bepergian dan berkemah di area rerumputan atau di tengah hutan lebat, besar kemungkinan kena serangan kutu.

Kathryn Bromley, spesialis pengendalian infeksi di Region of Waterloo Public Health, Kanada, memberikan tips agar Anda terlindungi dari kutu, ditulis dari CBC, Selasa (30/5/2017).

1. Pakai pakaian berbahan ringan dan lengan panjang.

2. Gunakan obat pengusir serangga tipe DEET (diethyltoluamide), mirip dengan yang digunakan untuk nyamuk. Obat nyamuk jenis DEET mampu mengusir serangga, termasuk kutu.

3. Mandi secara teratur. Bersihkan area tersembunyi pada tubuh, seperti ketiak, di belakang lutut, dan di rambut agar kutu tidak menempel dan berkembang biak.

Jika kutu sudah telanjur menempel, ambil kutu dengan pinset, lalu tarik kutu.

Hindari membekap kutu karena dapat menyebabkan kutu melepaskan air liur, yang mengandung bakteri pemicu penyakit.

Di sisi lain, bila Anda sudah terkena gigitan kutu, sebaiknya periksa, apakah muncul ruam. Hati-hati jika muncul demam, menggigil, dan kelelahan yang ekstrem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini