Sukses

Trik Mudah Cegah Pikun

Lakukan trik berikut bila tak ingin pikun saat lansia.

Liputan6.com, Jakarta Pikun atau kehilangan daya ingat biasanya terjadi pada sebagian besar lanjut usia (lansia), terutama usia 60 tahun ke atas. Kondisi ini akibat efek penurunan kemampuan berpikir otak dalam proses mengingat sesuatu.

Dokter ahli geriatri Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Prof Dr dr Siti Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, yang ditemui saat acara Kebijakan Kesehatan Lansia di Hari Lanjut Usia Nasional 2017, di Kementerian Kesehatan Jakarta, Senin (29/5/2017) mengungkapkan, ada beberapa cara mencegah timbulnya pikun.

1. Gaya hidup sehat

Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat. Lakukan olahraga rutin yang ringan, seperti berjalan kaki. Olahraga ini akan melindungi tubuh dari risiko berbagai penyakit, salah satunya hipertensi yang banyak diderita lansia.

"Hipertensi terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah ke otak. Dengan olahraga yang dilakukan mampu melancarkan aliran darah ke otak. Anda bisa terhindar dari hipertensi. Pikun pun tidak muncul" kata dr Ati.

2. Latih otak untuk mengingat

Latihan otak yang terus-menerus mengingat sesuatu akan mencegah timbulnya pikun. "Caranya, teruslah belajar, jangan pernah berhenti belajar. Belajar itu dilakukan seumur hidup. Anda bisa baca buku, main teka-teki silang maupun main sudoku," jelas Ati.

3. Konsumsi makanan sehat

Terapkan pola makanan sehat. Anda bisa memperbanyak makan sayur, buah, dan ikan. Ketiga makanan ini akan memperkuat otak untuk mengingat. Selain itu, hindari makan berlebihan karena tidak baik untuk tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini