Sukses

Untungnya Duduk di Dekat Jendela Kantor Saat Berpuasa

Menahan kantuk menjadi tantangan selama berpuasa, tapi duduk di dekat jendela kantor rupanya bisa menjadi solusinya lo....

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengusir kantuk di kantor, tak sedikit orang memilih minum kopi. Tapi di bulan Ramadan ini, kopi tidak bisa menjadi solusi Anda. Lalu adakah cara lain?

Duduk di dekat jendela dan terpapar matahari pagi rupanya dapat membantu Anda melawan rasa kantuk di tengah ibadah puasa Anda.

Shelby F. Harris, director of the Behavioral Sleep Medicine Program dari Montefiore Medical Center, New York, mengatakan, cahaya matahari pagi dapat membantu menghentikan produksi melatonin--hormon pengatur kantuk--sehingga itu dapat membantu Anda melawan rasa kantuk saat berpuasa.

Selain terpapar sinar matahari, Anda dapat mengalahkan kantuk dengan memperbanyak gerak. Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti Anda harus bermalas-malasan duduk di bangku kerja hingga azan magrib tiba. Menurut studi dari University Georgia, bergerak beberapa menit dapat bantu menurunkan rasa kantuk berlebih.

Anda bisa berjalan ke ruangan kerabat Anda atau berdiri beberapa menit untuk menghilangkan rasa kantuk Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan meditasi beberapa saat untuk menenangkan pikiran.

"Meditasi akan menghilangkan rasa cemas, lelah, dan kantuk sekalipun pada hari itu Anda sedang berpuasa," ujar Harris dikutip dari The Washington Post, Senin (29/5/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini