Sukses

Cryosurgery, Teknik Pengobatan Kanker yang Dijalani Yana Zein

Cryosurgery merupakan teknik pengobatan yang dijalani Yana Zein dengan cara penggunaan suhu rendah ekstrem untuk mematikan sel-sel kanker.

Liputan6.com, Jakarta Aktris Yana Zein telah pulang ke Indonesia setelah menjalani pengobatan kanker payudara selama empat bulan di Rumah Sakit Modern Guangzhou China Hospital. Zein menuturkan sisa sel-sel kanker di tubuhnya hanya tinggal 25 persen. Hal ini tak lepas dari salah satu teknik pengobatan kanker yang dijalaninya, cryosurgery.

Istilah teknik pengobatan kanker cryosurgery ini mungkin masih asing di telinga kita. Seperti mengutip, Web MD, Senin (29/5/2017) cryosurgery merupakan teknik pengobatan dengan penggunaan suhu rendah ekstrem untuk mematikan sel-sel kanker. Caranya dengan semacam menyuntikkan jarum berisi gas dengan suhu rendah ekstrem langsung ke sasaran sel kanker.

"Pertama adalah cryosurgery, jadi di bawah ketiak ada kanker yang besar. Itu dimasukkan semacam jarum yang panjang dan langsung menembus ke daerah kankernya. Suhu -160 derajat (Celcius) langsung dimatikan kankernya," papar Yana Zein saat itu, Sabtu (11/2/2017), kepada Bintang.com lewat sambungan Skype.

Ya, salah satu pengembang cryosurgery, Peter J. Littrup mengungkapkan cryosurgery bisa dilakukan tak hanya pada sel kanker ukuran kecil, tapi juga besar. Hal ini diungkapkannya dalam Society of Interventional Radiology's 35th Annual Scientific Meeting di Florida.

Lebih lanjut, Littrup menjelaskan teknik cryosurgery merupakan tindakan minimal invasif dengan anestesi lokal. Lalu, jarum berisi gas diarahkan ke sel kanker menggunakan bantuan ultrasound dengan computed tomography (CT) imaging. Gas tersebut bakal menghasilkan semacam "bola es" mulai dari ukuran 2-10 centimeter tergantung ukuran target sel kanker.

Dalam studi yang dilakukan Littrup terhadap 13 pasien kanker payudara, mereka mengungkapkan merasakan nyeri minimal dan tingkat kepuasan tinggi terhadap teknik cryosurgery. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.