Sukses

7 Trik Tetap Aktif Meski Duduk Lama di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Punggung kaku dan berat badan bertambah adalah risiko yang harus dihadapi individu yang bekerja di depan layar komputer seharian. Duduk terlalu lama pun kerap dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti diabetes serta penyakit jantung.

Cinta pada pekerjaan dan rasa bertanggung jawab yang besar terhadap profesi membuat individu mau tak mau harus menjalani kondisi tersebut. Namun, adakah yang bisa dilakukan untuk menyasatinya?

Melansir laman Purewow, Senin (29/5/2017), menerapkan trik-trik berikut bisa membantu Anda tetap aktif meski profesi mengharuskan Anda duduk lama di kantor.

1. Meeting di luar ruangan

Alih-alih menggunakan ruang rapat, cobalah cari lokasi di luar ruangan yang memungkinkan untuk meeting skala kecil dengan rekan kerja. Anda pun bisa melangkahkan kaki mencapai lokasi tersebut sehingga peredaran darah lancar dan kreativitas pun meningkat.

2. Unduh aplikasi pengingat

Kini sudah ada aplikasi yang berfungsi seperti alarm, mengingatkan Anda untuk segera berdiri dan melakukan peregangan setelah beberapa waktu duduk.

3. Pilih rute memutar untuk kembali ke meja

Bila Anda akan mengambil air minum atau mencetak dokumen di printer umum, pilihlah rute memutar. Ini akan memaksa Anda berdiri dan berjalan kaki.

4. Berkunjung ke meja rekan kerja

Sesekali berkunjung ke meja rekan kerja yang duduk di sudut ruangan untuk sekadar menyapanya selama beberapa menit tentu tak mengapa. Akan lebih baik bila rekan Anda berada di ruangan atau lantai berbeda. Anda bisa menggunakan tangga untuk mencapainya.

5. Menerima telepon sambil berjalan

Menerima panggilan telepon dari klien terkadang memakan waktu tak sedikit. Tak ada salahnya gunakan waktu tersebut untuk sekalian berjalan-jalan keliling kantor. Bila Anda menerima telepon dari telepon meja, coba lakukan gerakan kecil yang membuat Anda tetap aktif seperti squat atau lunges.

6. Goyangkan kaki

Gerakan sesederhana atau sekecil apa pun seperti mengetuk-ketukkan kaki di bawah meja mengikuti irama musik mampu membakar kalori.

7. Bersihkan meja setiap hari

Buang kertas-kertas bekas yang tak lagi Anda perlukan dari atas meja. Mengelap layar komputer dan merapikan meja tak hanya membuat meja Anda jadi sedap dipandang melainkan juga membuat Anda lebih aktif menggerakkan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini