Sukses

4 Alasan Wanita Sulit Jaga Kebersihan Area Intim Saat Menstruasi

Bagi wanita yang berada di daerah dengan akses air terbatas, akan kesulitan membersihkan vagina saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Kebersihan saat menstruasi itu perlu diketahui dan dilakukan wanita. Bila kebersihan area intim saat menstruasi tidak dijaga, bisa menyebabkan area vagina dan pangkal paha gatal-gatal, iritasi, hingga terkena infeksi saluran reproduksi dan infeksi saluran kencing.

"Cara menjaga kebersihan tubuh pada saat menstruasi dengan mengganti pembalut sesering mungkin dan membersihkan vagina dan sekitarnya dari darah. Darah harus dibersihkan karena medium yang baik bagi kuman untuk tumbuh," kata Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI, Eni Gustina saat temu media Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia ditulis Minggu (28/5/2017).

Sayangnya tidak semua wanita tahu cara menjaga kebersihan menstruasi yang baik dan benar. Menurut Satgas Remaja Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Frida Soesanti hal tersebut dipengaruhi oleh empat faktor.

1. Sosial ekonomi
"Semakin bagus sosial ekonomi seorang anak perempuan, maka kebersihan saat menstruasinya pun baik," kata Frida di kesempatan yang sama.

2. Kebiasaan setempat atau adat istiadat

Masih banyak kebiasaan di wilayah setempat yang mengatakan bahwa menstruasi tidak boleh diumbar atau diketahui oleh orang lain. Kebiasaan seperti ini kerap membuat wanita jadi takut untuk mengganti apalagi membuang pembalut. Hal ini tentu saja memengaruhi kebersihan organ intimnya.

3. Pendidikan

Sekolah yang peduli dengan kebersihan tentu memiliki toilet yang bersih. Kondisi ini membantu siswi jadi lebih memperhatikan kebersihan organ intim saat menstruasi. Mereka jadi tidak takut ke kamar mandi yang ada di sekolah. 

4. Akses air dan sarana fasilitas
Walau sekolah gedung bagus  tapi fasilitas kamar mandi kotor, gelap, dan letaknya jauh turut memengaruhi siswi dalam menjaga kebersihan area vagina saat menstruasi. "Bayangkan kalau lagi menstruasi, lalu toilet di sekolah kotor, lalu remang-remang ya kan jadi takut ke kamar mandi untuk ganti pembalut," tutur dokter Frida.

Selain itu, akses air juga berpengaruh besar bagi wanita dalam menjaga kebersihan organ intim saat menstruasi. Bagi wanita yang berada di daerah sulit mendapatkan air bersih, seperti di Indonesia timur, tentu membersihkan organ intim saat menstruasi jadi tantangan tersendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini