Sukses

Sedang Demam atau Diare Boleh, Kok, Tidak Berpuasa Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Pasien demam atau diare boleh tidak berpuasa Ramadan. Dikarenakan pasien harus mendapat pasokan makanan dan minuman agar lekas pulih. Juga untuk mengganti semua nutrisi yang terbuang dari dalam tubuh.

"Namanya puasa tentu tidak makan dan minum. Sedangkan orang yang sedang demam tinggi butuh cairan yang lebih banyak. Supaya cepat pulih, tubuh pasien butuh nutrisi yang baik," kata dokter spesialis penyakit dalam dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Sandra Utami Widiastuti saat dihubungi Health Liputan6.com, Sabtu (27/5/2017)

Demikian juga dengan pasien diare. Pasien bisa buang hajat lebih dari satu kali dalam sehari. Kondisi seperti ini menyebabkan pasien diare butuh banyak cairan, juga makanan yang telah terbuang lewat saluran cerna.

"Apabila pasien diare tidak ada pemasukan yang cukup, ujung-ujungnya akan dehidrasi," kata Sandra menambahkan.

Dengan begitu pasien demam dan diare akan cepat sembuh. Sehingga dapat melanjutkan kembali berpuasa di bulan Ramadan. Dan puasanya tidak bolong terlalu banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demam adalah kondisi meningkatnya suhu tubuh di atas rata-rata suhu harian.

    Demam

  • Diare adalah kondisi di mana feses yang dikeluarkan encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daripada biasanya.

    Diare

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

Video Terkini