Sukses

Terapkan Menu Makanan Sehat Saat Puasa, dari Buka Sampai Sahur

Liputan6.com, Jakarta Puasa Ramadan 2017 yang dinantikan umat Muslim di seluruh dunia telah tiba. Selama menjalani puasa, Anda harus menahan rasa lapar dan haus hingga matahari terbenam. Kondisi ini menjadi tantangan agar Anda tetap memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup.

Untuk itu, ada beberapa rencana memilih menu makanan yang sehat dari buka puasa sampai sahur, dikutip dari Health24, Jumat (26/5/2017).

Makanan bergizi dan seimbang

Untuk menjaga kecukupan makanan yang bergizi dan seimbang, selama puasa harus mengonsumsi makanan dari semua kelompok makanan utama berupa buah-buahan dan sayur-sayuran; roti, sereal, dan kentang; daging, ikan dan ayam; produk susu seperti susu dan keju; dan makanan mengandung lemak dan gula.

Ketika berbuka puasa, kurma dan air putih menjadi pilihan makanan pembuka yang sehat. Kedua makanan ini membantu memulihkan kadar gula dan garam dalam tubuh.

Saat sahur, Anda sebaiknya makanan banyak mengandung karbohidrat dan berserat tinggi, seperti gandum dan kacang-kacangan.

Makanan yang kaya akan serat berupa buah-buahan juga baik dimakan serta mudah dicerna. Kebutuhan konsumsi cairan dan vitamin dari jus buah segar dapat Anda peroleh.

Hindari kafein, minuman dingin, teh, dan kopi karena menyebabkan Anda akan lebih cepat kehilangan cairan melalui buang air kecil. Anda juga akan dehidrasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan yang harus dihindari

Makanan yang harus dihindari

Ada pula beberapa makanan yang harus dihindari saat puasa.

1. Makanan yang digoreng, misal ayam goreng, lumpia goreng, dan keripik kentang goreng.

2. Konsumsi gula yang tinggi dan makanan berlemak tinggi.

3. Makanan dengan kadar lemak tinggi, seperti masakan kari yang berminyak dan kue kering yang berminyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menurut ahli bahasa Sansekerta, upawasa bermakna ritual untuk “masuk” ke Yang Ilahi.

    puasa

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

Video Terkini