Sukses

Konsultasi Tulang: Ketika Daya Topang Kaki Hilang, Harus MRI?

Pasien ini merasa kehilangan daya topang yang membuatnya terjatuh. Bagaimana tanggapan Dr Andjar?

 Pertanyaan :

Liputan6.com, Jakarta Halo, Liputan6.com dan dr. Andjar,

Salam kenal. Saya Tri Wahyuni, 24 Tahun dari Bekasi.

Beberapa waktu lalu saya mengalami sebuah insiden. Ketika berdiri tiba-tiba kaki kanan saya lemas dan terasa tulang lutut bergeser ke kanan dan ke kiri secara cepat.

Seketika saya merasa kehilangan daya topang dari kaki saya, kemudian langsung terjatuh. Untuk pertolongan pertama saya sempat ke ahli pijat tulang, tapi setelahnya saya memutuskan ke dokter karena terjadi pembengkakan.

Dokter menyarankan untuk MRI karena hasil rontgen menunjukkan tulang dalam keadaan baik. Ternyata hasil MRI menunjukkan ada minimal meniscus tear dan fluid collection pada femur.

Dari hasil itu dokter menyarankan untuk artroskopi untuk melihat seberapa besar sobekan pada meniscus dan tindakan pembersihan fluid. Apakah operasi itu perlu, mengingat biaya untuk operasi tersebut sangat mahal? Apakah tulang rawan tidak bisa memperbaiki dirinya secara alami, karena hasil MRI menyatakan sobekannya minimal?

Jawaban :

Hai ibu Tri, salam kenal dari saya.

Terimakasih sebelumnya telah mengirimkan pertanyaan ke saya. Bagus sekali telah melakukan MRI pada lutut Anda. MRI adalah pemeriksaan non-invasive dan sensitif apabila terjadi kerusakan jaringan di dalam lutut. Akan tetapi MRI tidak bisa menunjukkan secara spesifik sejauh mana kerusakannya, dan tindakan apa yang harus dilakukan terhadap robekan meniscus tersebut.

Dengan menggunakan teknologi artroskopi, kita bisa secara jelas melihat kualitas maupun kuantitas kerusakan yang terjadi. Saya menyarankan untuk melakukan tindakan tersebut, agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih besar dan bisa segera ditanggulangi.

Meniscus tidak dapat memperbaiki diri, sehingga perlu dibantu dengan tindakan meniscus repair melalui artroskopi.

Semoga jawaban saya dapat membantu ibu memutuskan tindakan apa yang selanjutnya akan diambil.

Cepat sembuh ibu Tri

Dr Andjar Bhawono SpOT dari Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan

Para pembaca setia Health Liputan6.com dapat bertanya seputar masalah tulang dan ortopedi dengan cara mengirimkan surat elektronik dengan subjek KOLOM dr. Andjar Bhawono SpOT ke health.liputan6@gmail.com . Jawaban akan ditayangkan setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Dan, semua penjelasan terkait #KonsultasiTulang bisa Anda baca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini