Sukses

Kapan Waktu yang Tepat Berikan Camilan pada Anak?

Berikan camilan sesuai waktu yang tepat pada anak.

Liputan6.com, Jakarta Makanan ringan atau camilan termasuk salah satu pelengkap makanan bagi anak-anak. Ya, anak-anak yang memiliki perut kecil ternyata punya lebih banyak kesempatan untuk makan camilan  sepanjang hari daripada orang dewasa.

Meski begitu, pemberian makanan camilan perlu diperhatikan. Hal ini karena anak-anak yang makan camilan bisa mudah lepas kendali. Mereka akan berisiko pilih-pilih makanan.

Anak-anak juga akan kurang selera makan saat waktu makan tiba karena perut masih kenyang setelah makan camilan.

Camilan, seperti ditulis dari Today's Parent, Jumat (26/5/2017), bisa menenangkan anak yang rewel, mengalihkan perhatian anak yang merengek atau menangis. Tapi pemberian camilan bukan alasan yang tepat sebagai tanda kasih sayang.

Alasan tersebut dapat menyebabkan dampak negatif berupa kebiasaan makan anak yang tidak teratur di kemudian hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Camilan sehat

Agar camilan bermanfaat positif untuk anak-anak. Berikan anak-anak kecil camilan pada dua waktu, yaitu jam 10.00 dan 15.30.

Jika waktu tidur akan diterapkan lebih dari dua jam setelah makan malam, maka camilan kecil sebelum tidur dapat diberikan.

Camilan tidak hanya menjaga kebutuhan energi sepanjang hari tapi juga membantu mengisi kekurangan nutrisi.

Berikan camilan sehat pada anak, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan kaya protein. Misal, irisan apel dengan keju atau kue muffin buatan sendiri dengan segelas susu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.