Sukses

Ternyata Putus Cinta Bikin IQ Turun

Pemimpin studi, Roy Baumeister dari Case Western Reserve University, Ohio, menemukan efek putus cinta atau penolakan bisa menurunkan IQ.

Liputan6.com, Jakarta Putus cinta bukan saja menjatuhkan psikis seseorang, melainkan juga memengaruhi kemampuan berpikir. Sebuah studi berhasil menemukan efek patah hati bisa menurunkan kemampuan berpikir bahkan IQ.

Pemimpin studi, Roy Baumeister dari Case Western Reserve University, Ohio, melakukan penelitian kepada sejumlah siswa-siswi yang mengalami putus cinta. Peneliti membagi responden menjadi dua kelompok dan mengikuti proses perkenalan sampai akhirnya responden ditolak oleh teman kencannya.

"Anak-anak yang ditolak cenderung memiliki sikap lebih agresif dan kami menemukan bahwa siswa yang ditolak mengalami penurunan IQ," kata Baumeister dikutip dari New Scientist, Kamis (25/5/2017).

Peneliti berhasil melihat penurunan IQ berdasarkan tes yang dilakukan setelah responden mengalami penolakan.

Pada kelompok yang tidak ditolak, responden mengalami peningkatan skor pada hasil tesnya. Sementara, skor kelompok yang ditolak lebih rendah, termasuk IQ yang menurun sekitar 25 persen.

"Penolakan, patah hati, atau putus cinta bisa membuat seseorang lebih impulsif dan merusak diri sendiri," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini