Sukses

Menkes RI Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Dirjen WHO Baru

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengucapkan selamat atas terpilihnya Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus dari Ethiopia menjadi Dirjen WHO

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengucapkan selamat atas terpilihnya Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus dari Ethiopia sebagai Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang baru.

“Indonesia, atas nama negara-negara regional Asia Tenggara, mengucapkan selamat atas terpilihnya Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus dari Ethiopia menjadi Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia yang baru," ujar Menkes di Jenewa, Swiss.

Menkes pun sempat menyampaikan tantangan-tantangan kesehatan global yang harus dihadapi bersama.

“Walaupun dunia telah mencapai banyak kemajuan di bidang kesehatan, sejumlah tantangan tetap ada, misalnya dalam mengurangi angka kematian bayi di negara berkembang, penanganan wabah penyakit menular, tanggap bencana serta pandemi lintas batas negara” ujar Menkes.

Dalam pernyataan pers, Menkes juga menyampaikan bahwa berhasil atau tidaknya dunia menangani semua tantangan tersebut sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai Agenda Pembangunan Berkelanjutan.

Agenda Pembangunan Berkelanjutan disepakati para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, pada 2015. Agenda tersebut memuat 17 Tujuan dan 169 Capaian yang bersifat lintas-sektoral. WHO sebagai organisasi yang bertanggung jawab atas pembangunan kesehatan dunia memprioritaskan pencapaian tujuan di bidang kesehatan, terutama mengenai jaminan kesehatan.

Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Ethiopia pada tahun 2012-2016 dan Menteri Kesehatan pada 2005-2012.  Selama memegang posisi menteri di Ethiopia, Dr. Tedros memimpin beberapa insiatif strategis pembangunan, di antaranya Addis Ababa Action Agenda yang secara spesifik memastikan keuangan inklusif dalam setiap sektor pembangunan, sesuai dengan mandat dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 

Dalam kepemimpinannya sebagai Menteri Kesehatan, Dr Tedros melakukan reformasi menyeluruh pada sistem kesehatan nasional Ethiopia dan memperluas akses terhadap layanan kesehatan dengan penyediaan infrastruktur kesehatan serta sumber daya manusia yang berkualitas.

Selain sebagai menteri, Dr. Tedros juga berpengalaman dalam forum global  di antaranya sebagai Ketua dari Global Fund to Fight AIDS, Roll Back Malaria, dan Partnership for Maternal for Newborn Neonatal and Child Health. Dr. Tedros akan mulai bertugas pada 1 Juli 2017, menggantikan Dr. Margaret Chan yang berasal dari Hongkong.

Wakil Tetap RI untuk PBB dan Organisasi-organisasi Internasional di Jenewa, Dubes Hasan Kleib, juga menyambut terpilihnya Dr. Tedros. “Beliau berasal dari negara berkembang. Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya tentu akan semakin keras menyuarakan perlunya penguatan kerja sama antara WHO dengan negara berkembang, terutama dalam penguatan kapasitas,” pungkas Dubes Hasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini