Sukses

Selain Jadi Bumbu, Ini Manfaat Lain Merica yang Tak Anda Tahu

Liputan6.com, Jakarta Lada putih atau merica bukan hanya bisa menyedapkan rasa makanan, tapi bumbu dapur ini juga bisa bekerja untuk detoksifikasi kulit, menjaga ketahanan warna pakaian, hingga bantu melawan risiko kanker.

Senyawa dalam merica yang dikenal piperine memiliki kemampuan untuk mencegah berkembangnya kanker. Menurut penelitian yang dilakukan University of Michigan Cancer Center, meningkatkan asupan merica ditambah kunyit dapat bekerja ekstra untuk pencegahan kanker payudara.

Melansir Health, Kamis (25/5/2017) berikut kehebatan merica yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengembalikan warna pakaian

Jika pakaian kesukaan Anda mulai memudar, coba cuci dengan merica. Bumbu dapur ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan warna pakaian yang telah pudar. Menurut Karyn Siegel-Maier, penulis The Naturally Clean Home, taburkan satu sendok teh merica bersama deterjen ke mesin cuci, ia akan membuat warna pakaian seperti baru lagi.

2. Scrub kulit

Merica dapat merangsang sirkulasi oksigen dan nutrisi ke permukaan kulit Anda. Manajer Bliss Spa, Wendy Allred, mengatakan merica dapat mengangkat sel-sel kulit mati dengan baik.

Cobalah untuk mencampur bubuk merica ke dalam ramuan scrub Anda. Atau buatlah scrub alami dari gula pasir, minyak pijat, minyak esensial dan sejumput merica. "Aduk bersama lalu oleskan dan gosok scrub ke kulit basah lalu basuh dan rasakan hasilnya," kata Allred.

3. Redakan pilek

NeilSchachter, MD, profesor dari Mt. Sinai School of Medicine in NewYorkCity dan penulis buku berjudul: The Good Doctor’s Guide to Colds and Flu, menemukan bahan kimia alami dalam merica mampu mencairkan lendir saat pilek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.