Sukses

Konsultasi Tulang: Wanita Skoliosis Bisa Melahirkan Normal?

 Pertanyaan :

Liputan6.com, Jakarta Selamat sore, Liputan6.com dan dr Andjar,

Saya Dewi Lestari, 28 tahun, dari Jakarta.

Saya mempunyai sakit skoliosis. Dengan adanya penyakit ini, apakah nanti saya bisa melahirkan normal? Dan, apakah setelah melahirkan kemiringan akan tetap atau bisa semakin bertambah parah?

Apakah sebelum hamil atau ketika hamil saya harus konsultasi ke SpOT dulu? 

Sejujurnya, saya masih galau ketika memutuskan untuk hamil ini, dok. Saya takut sakitnya akan bertambah. Ketika tidak hamil saja sakit, apalagi hamil nanti?

Terimakasih untuk responsnya,

Jawaban :

Hai, ibu Dewi Lestari,

Terimakasih untuk pertanyaannya.

Menurut saya, ibu harus memeriksa dahulu derajat kemiringan dan jenis skoliosisnya. Pada kondisi skoliosis yang cukup berat, melahirkan secara normal mungkin tidak dapat dilakukan. Harus dilakukan operasi caesar.

Mengenai pertumbuhan kemiringan, untuk usia ibu, biasanya tidak akan bertambah. Alangkah lebih baik sebelum hamil, ibu bisa memeriksakan diri ke dokter ortopedi untuk memeriksa seberapa parah skoliosisnya.

Semoga informasi ini membantu

Dr Andjar Bhawono SpOT dari Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan

Para pembaca setia Health Liputan6.com dapat bertanya seputar masalah tulang dan ortopedi dengan cara mengirimkan surat elektronik dengan subjek KOLOM dr. Andjar Bhawono SpOT ke health.liputan6@gmail.com . Jawaban akan ditayangkan setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Dan, semua penjelasan terkait #KonsultasiTulang bisa Anda baca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini