Sukses

Suplemen Vitamin D Rupanya Bisa Atasi Rasa Nyeri

Liputan6.com, Brasil Konsumsi suplemen vitamin D yang didukung dengan kebiasaan tidur yang baik dapat membantu mengatasi penyakit yang berhubungan dengan rasa nyeri. Rasa nyeri ini berupa radang sendi, kram saat  menstruasi, dan nyeri punggung kronis.

Hasil temuan tersebut diterbitkan dalam Journal of Endocrinology pada 23 Mei 2017. Penelitian mengulas hubungan konsumsi vitamin D terhadap kebiasaan tidur dan rasa nyeri yang dirasakan.

Jika penerapannya dinilai efektif maka bisa memperbaiki taraf hidup pasien. Penelitian ini dilakukan Dr Monica Levy Andersen dan rekan-rekannya di Universidade Federal de Sao Paulo, Brasil.  

"Kami berhipotesis, asupan suplemen vitamin D sesuai kadar konsumsi seseorang yang tepat, kemudian dikombinasikan dengan kebiasaan tidur dapat mengatasi penyakit yang berhubungan dengan nyeri, seperti fibromyalgia--nyeri pada otot tulang di sekujur tubuh,"  jelas dr Andersen, ditulis dari Medical Xpress, Rabu (24/5/2017).

Hasil temuan ini berbeda dari penelitian sebelumnya yang menyebutkan suplemen vitamin D dapat memengaruhi inflamasi (peradangan) tubuh sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri.

Kondisi nyeri kronis tidak hanya memengaruhi kualitas hidup penderita tapi berdampak negatif terhadap perawatan kesehatan.

Pasien membutuhkan waktu lama untuk pulih dari nyeri kronis. Beberapa studi klinis juga melaporkan, suplemen vitamin D dikaitkan dengan gangguan tidur. 

Selain itu, ada perdebatan sengit soal konsumsi suplemen vitamin D. Sebagian pihak berpendapat, vitamin ini yang memengaruhi proses biologis, yang berhubungan dengan kesuburan dan infeksi.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Suka Makanan Pedas? Simak Khasiatnya untuk Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Makanan untuk Otot Setelah Olahraga