Sukses

Selain Kanker, Ini 3 Penyakit yang Pernah Menyerang Roger Moore

Salah satu pemeran James Bond, Roger Moore, meninggal dunia. Semasa hidupnya, dia pernah terkena pneumonia hingga kanker prostat.

Liputan6.com, Jakarta Aktor kenamaan Inggris yang juga salah satu pemeran James Bond, Roger Moore, meninggal dunia pada 23 Mei 2017 karena kanker. Tak disebutkan lebih detail kanker jenis apa yang menderanya.

Berbicara tentang kanker, dulu pada 1993, Roger Moore pernah didiagnosis terkena kanker prostat. Lalu, dia segera menjalani pengangkatan kanker agar tak menyebar lebih luas.

Selain kanker, ada beberapa penyakit lain yang mendera pria yang mendapat gelar kebangsawanan dari Kerajaan Inggris ini. Mengutip Express, Rabu (24/5/2017), berikut penyakit yang pernah mendera Roger Moore semasa hidupnya.

1. Pneumonia

Moore pernah mengungkapkan kepada publik pernah terkena pneumonia. Dia menceritakan terkena penyakit ini saat usia lima tahun, tepatnya pada 1932.

Mengutip Live Science, pneumonia adalah infeksi atau peradangan yang terjadi pada salah satu atau kedua paru-paru dalam tubuh seseorang.

Penyakit ini kerap menyerang bayi dan para lansia. Penyakit pneumonia memiliki hubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh yang tergolong rendah.

2. Diabetes tipe 2

Roger Moore pernah mengungkapkan kepada laman Express pada 2014, ia didiagnosis diabetes tipe 2. Hal ini membuatnya langsung mengubah gaya hidup.

"Tidak ada lagi gula, tidak ada alkohol," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkena pneumonia lagi

3. Gangguan detak jantung

Pada 2003, Moore kolaps saat berada di atas panggung di New York, Amerika Serikat. Rupanya dia mengalami detak jantung lemah. Kondisi ini membuat tubuh tidak bisa mendapatkan cukup oksigen dengan baik.

Kondisi ini rentan terjadi pada orang tua. Gejalanya meliputi mudah lelah dan sesak napas.

Dalam sebuah wawancara, Roger mengungkapkan agar penting memeriksa denyut nadi secara rutin. "Dengan memeriksa denyut nadi, jadi menyadari detak jantungku seperti apa dan segera mencari pertolongan bila dibutuhkan," katanya.

4. Pneumonia lagi

Pada 2012, Moore kembali terkena pneumonia. "Aku mengalami pneumonia dua kali di awal tahun ini. Sejumlah antibiotik aku konsumsi sampai-sampai membuat rambutku rontok perlahan-lahan," tutur Moore kepada dalam tayangan The One Show on Friday pada 5 Oktober 2012.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.