Sukses

4 Cara Menangani Fobia Telepon

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kesibukan pekerjaan sehari-hari, Anda mungkin tak bisa menghindari membuat panggilan telepon. Aktivitas membuat panggilan telepon dapat terasa menyenangkan saat Anda harus berbicara dengan seseorang di telepon.

Tapi membuat panggilan telepon ternyata bisa menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian orang. Kondisi ini didera orang yang mengalami fobia telepon (telephonophobia). Mereka kerap ketakutan dan cemas saat membuat panggilan telepon.

Ada beberapa tips untuk mengatasi rasa fobia telepon yang Anda alami, ditulis dari Happiful, Selasa (23/5/2017).

1. Buat catatan percakapan

Buat catatan soal apa yang perlu Anda katakan dan gunakan sebagai panduan untuk menghubungi seseorang melalui telepon. Anda mungkin merasa sedikit gugup saat membaca catatan percakapan, tapi jangan terlalu cemas, biarkan percakapan itu mengalir.

2. Tulis hal yang membuat Anda gugup

Tuliskan semua hal yang membuat Anda gugup sebelum membuat panggilan telepon. Kemudian tuliskan segala hal positif dari panggilan telepon saat Anda selesai menelepon.

Apakah percakapan Anda di telepon terjadi dengan lancar? Apa yang tidak berjalan dengan baik? Simpan catatan ini sebagai bahan pembelajaran untuk mengatasi kecemasan saat membuat panggilan telepon selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pergi ke ruangan yang lebih pribadi

3. Pergi ke ruangan yang lebih pribadi

Anda mungkin tidak begitu jelas mendengar suara lawan bicara di telepon saat membuat panggilan telepon di antara suasana kantor yang sibuk.

Selain itu, Anda mungkin merasa cemas saat orang lain mendengar percakapan Anda di telepon. Membuat panggilan telepon di ruang yang lebih pribadi bisa mengurangi tekanan.

Pergilah ke ruang yang lebih pribadi agar Anda merasa nyaman membuat panggilan telepon

4. Kirim Pesan Panggilan (voicemail)

Anda bisa mempraktikkan untuk membuat pesan panggilan terhadap seseorang yang dituju. Simpan pesan panggilan, lalu dengarkan kembali.

Apa yang Anda suka dan tidak suka dari pesan yang Anda tinggalkan? Buat beberapa catatan lalu rekam ulang pesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.