Sukses

4 Trik untuk Istri Bantu Suami Berhenti Ngorok

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pasangan yang ngorok bisa sangat mengganggu. Bahkan banyak pasangan yang memutuskan tidur di kamar terpisah karena salah satunya terus mendengkur. Tak hanya berefek buruk pada pernikahan, tapi juga pada kesehatan pasangan untuk jangka panjang.

Jika pasangan ngorok, yang perlu Anda lakukan bukan hanya membangunkannya atau memintanya berganti posisi. "Cari sumbernya, dan menciptakan situasi di mana ngorok tak akan terjadi adalah solusinya," ujar Shawn Stevenon, penulis Sleep Smarter dan pendiri The Model Health Show.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Latihlah si pendengkur. Bagi para pasangan pendengkur, coba cek solusi di bawah ini, seperti dilansir dari Prevention,Selasa (23/05/2017).

1. Ubah gaya hidup

"Hal ini berbeda bagi tiap orang, tapi pada kebanyakan kasus, pendengkur itu memiliki berat badan berlebih atau lemak tubuhnya terlalu banyak," ujar Stevenson.

Hasilnya, kata dia, jalur napas mereka tertekan saat tidur.

Menjalani gaya hidup yang lebih sehat, dan menurunkan berat badan akan mengurangi dan menghilangkan dengkuran saat tidur.

2. Minum banyak air

Pastikan pasangan Anda yang mendengkur selalu terhidrasi sepanjang hari, terutama sebelum tidur. Hal ini akan membantu mengurangi kekeringan di tenggorokan.

3. Ubah kebiasaan makan

Hindari makan tengah malam, terutama makanan dingin atau yang mengandung produk susu. Makanan-makanan tadi akan menciptakan lebih banyak lendir dan akan menghambat jalur napas.

4. Coba ganti posisi

Minta pasangan Anda untuk tidur dengan posisi yang tepat. "Orang yang tidur miring jauh lebih sedikit ngorok dibanding mereka yang tidur tengkurap atau telentang," papar Stevenson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.