Sukses

Selama Hamil, 4 Zat Gizi Ini Harus Mendapat Perhatian Lebih

Liputan6.com, Jakarta Asupan nutrisi ibu saat hamil merupakan elemen penting bagi tumbuh kembang janin. Oleh karena itu seorang ibu harus menerapkan pola asupan gizi sehat dan seimbang saat makan.

Sandra Fikawati dari Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, mengatakan, semua zat gizi memang penting bagi ibu hamil tapi ada beberapa zat gizi yang harus mendapat perhatian lebih.

"Karena kebutuhan ibu meningkat saat hamil," kata Sandra Fikawati dalam acara peluncuran susu hamil SUN Ibu di Jakarta, Senin (22/5/2017). 

Susu hamil bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi mual dan muntah pada trimester pertama.

Berikut empat macam zat gizi yang harus mendapat perhatian lebih dari seorang ibu, seperti dikatakan Sandra;

  1. Zat besi berfungsi untuk mendukung pertumbuhan janin dan plasenta,
  2. Folat untuk membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang,
  3. Asam lemak seperti omega 3 dan 6 untuk mendukung pertumbuhan sel otak,
  4. Dan kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungan.

Tak ketinggalan konsumsi juga makanan yang kaya vitamin B6 guna mengurangi rasa mual serta mencegah konstipasi saat hamil.

Dengan asupan zat gizi tercukupi selama hamil, lanjut Sandra, janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu risiko anak dengan berat badan lahir rendah berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.