Sukses

Juru Masak Ungkap Resep Jamu Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal sebagai penggemar jamu. Dalam beberapa kesempatan Jokowi mengungkapkan kebiasaannya setiap pagi menyeruput jamu. Namun, tak ada yang tahu racikan jamu kesukaannya. Kali ini, sang juru masak, Tri Supriharjo, membeberkan bahan-bahannya.

"Jamunya bapak terdiri dari temulawak, jahe, lantas kunyit," kata Tri dalam video dari akun resmi Youtube Presiden Joko Widodo yang diunggah Minggu (22/5/2017).

Sejak 2013 Tri menjadi juru masak untuk Jokowi. Sehingga dia tahu betul perubahan ukuran porsi jamu Jokowi. Termasuk dalam video ini dia ini membeberkan porsi jamu Jokowi bertambah. Bila dulu cangkir kecil, sekarang menggunakan cangkir yang lebih besar. Tak dijelaskan alasannya penambahan porsi ini apakah ada hubungannya dengan aktivitas Jokowi yang lebih padat saat ini.

"Kalau dulu mug-nya agak kecil. Itu potongannya tiga, tiga, tiga. Tapi sekarang agak banyak," ujar pria asal Karanganyar, Jawa Tengah ini.

Isi jamu yang diseruput Jokowi setiap pagi. (Foto: Youtube Presiden Joko Widodo)

Kini potongan jamu yang diolah terdiri dari temulawak delapan potong, kunyit enam potong, jahe tiga potong. Semua bahan tersebut direbus, lalu air rebusan dituang ke dalam cangkir jadul blirik.

"Cangkir zaman dulu itu lho, yang blirik-blirik hijau, ada yang cokelat. Wah kalau sekarang orang udah jarang pakai," kata Tri lagi.

Kunyit sendiri merupakan bahan herbal yang memiliki sifat antiperadangan dan melancarkan pencernaan. Manfaat jahe juga tak kalah hebat, yakni mengandung vitamin A, C, E, B, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, natrium, kalsium, dan beta-karoten.

Bahan lainnya, yakni temulawak atau Curcuma xanthorrhiza memang dikenal sebagai bahan herbal untuk menambah nafsu makan oleh masyarakat Indonesia termasuk Jokowi. Namun itu hanya satu dari sekian banyak temulawak.

Akar rimpang yang satu ini sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus, kembung usai makan, gangguan lambung, serta aneka keluhan pada hati menurut WebMD, Senin (22/5/2017).

 

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Jamu

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Jokowi Larang Menteri Kampanye, Ini Kata Mendagri
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Menteri Fokus Kerja, Jangan Belum Sudah Kampanye