Sukses

Konsultasi Tulang: Tulang Punggung Tampak Bongkok, Solusinya?

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan:

Pagi, Dok, saya Aditya Nur Rahman

Begini, dok. Tulang punggung saya sering terlihat bongkok. Tinggi saya 180cm. Apakah tinggi juga berpengaruh? Saya sudah coba membiasakan agar tulang punggung saya tegak, tapi tetap terlihat bungkuk terus, apakah ada solusinya, dok? Terimakasih

Jawaban :

Dear, Aditya

Terimakasih atas pertanyaannya.

Wah, 180 cm untuk tinggi orang Indonesia, Anda sangat tinggi. Permasalahan tulang bongkok, perlu ada pemeriksaan lebih lanjut dengan melihat hasil rontgen terlebih dahulu.

Karena bisa jadi ada penyakit dan bisa juga karena postur tubuh yang mengikuti jejak orangtua atau garis keturunannya.

Guna memperbaiki postur ada beberapa cara, dari yang paling mudah dijalani yakni olahraga hingga operasi apabila ditemukan penyakit lainnya. Untuk lebih detilnya, saya anjurkan untuk berkonsultasi ke dokter ortopedi terdekat.

Dr Andjar Bhawono SpOT dari Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan

Para pembaca setia Health Liputan6.com dapat bertanya seputar masalah tulang dan ortopedi dengan cara mengirimkan surat elektronik dengan subjek KOLOM dr. Andjar Bhawono SpOT ke health.liputan6@gmail.com . Jawaban akan ditayangkan setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Dan, semua penjelasan terkait #KonsultasiTulang bisa Anda baca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.