Sukses

6 Perubahan Tubuh Wanita Saat Memasuki Usia 40

Wanita perlu mengetahui perubahan yang terjadi pada tubuh saat memasuki usia 40 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Pada usia 40 tahun, perubahan tubuh wanita amat terasa. Berat badan mungkin bertambah dan serangkaian masalah kesehatan mulai bermunculan. Untuk itu, tiap wanita harus lebih memerhatikan kesehatan di usia ini.

Berikut perubahan tubuh dan masalah kesehatan yang dialami wanita, dikutip dari Mother Nature Network, Senin (22//5/2017).

1. Metabolisme melambat

Berat badan pada sebagian besar wanita bertambah 6 kg antara usia 40 dan 55 tahun. Anda harus menyetop makanan cepat saji dan makanan yang digoreng.

Selain itu, kurangi karbohidrat dan karbohidrat olahan. Anda disarankan makan biji-bijian, yang merupakan sumber serat yang baik.

2. Masa menopause

Bagi kebanyakan wanita, menstruasi teratur dialami sampai usia pertengahan 40-an. Selanjutnya, Anda akan mengalami menopause. Siklus perimenopause (tubuh mengalami transisi menuju menopause) cenderung dimulai di usia sekitar 45 tahun.

Usia menopause rata-rata adalah 52 tahun. Kebiasaan seperti diet tinggi lemak dan merokok bisa mempercepat menopause.

Perubahan selanjutnya, ovarium akan mulai memproduksi lebih sedikit hormon estrogen (hormon seks) dan progesteron (hormon ovulasi dan menstruasi).

Seiring tingkat estrogen menurun selama perimenopause akan terjadi kekeringan vagina. Selain itu saat kadar progesteron turun, menstruasi mungkin tidak teratur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tubuh mungkin mulai terasa nyeri

3. Tubuh mungkin mulai terasa nyeri

Sebaiknya, hati-hati untuk mencegah cedera. Sekitar usia 40 tahun Anda mulai mengalami sakit dan nyeri sekaligus berisiko menderita kram kaki dan gangguan sendi lainnya.

4. Perlu pemeriksaan mammogram

Pemeriksaan mammogram (deteksi kanker payudara) dapat mulai dilakukan pada usia 45 tahun. Bicaralah dengan dokter Anda, kapan harus menjadwalkan pemeriksaan mammogram. Hal ini untuk melacak risiko kanker payudara.

3 dari 3 halaman

Tulang menjadi lebih rapuh

5. Tulang menjadi lebih rapuh

Usia 40 tahun, tulang menjadi lebih rentan menipis. Bahkan satu dari dua wanita berusia di atas 50 tahun mengalami patah tulang karena osteoporosis, menurut National Osteoporosis Foundation.

Pastikan diet Anda kaya akan kalsium untuk memperoleh tiga porsi kalsium dalam makanan sehari-hari (sebanyak 1.000 sampai 1.500 miligram kalsium per hari).

6. Tingkat stres bertambah

Pada usia 40 tahun, tanggungjawab yang besar dapat membuat stres meningkat. Untuk mengatasi stres, Anda bisa sering latihan napas dan mengucap rasa syukur.

Olahraga yang teratur juga dapat membuat Anda lebih rileks dan pikiran tidak tegang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini