Sukses

Punya Perut Kencang, Bintang Gulat Tak Bisa Melahirkan Normal

Bintang gulat WWE dari AS, Brie Bella, dikabarkan tidak bisa melahirkan normal karena otot perutnya terlalu kencang.

Liputan6.com, Jakarta Awal bulan lalu, bintang gulat WWE dari AS, Brie Bella, melahirkan putrinya, Birdie Joe. Saudara kembar Brie, yang juga bintang gulat, Nikki Bella, bercerita tentang proses melahirkan saudaranya itu. Dia memberikan suatu info yang sangat menarik.

Kepada E! News, mengutip Women's Health, Minggu (21/5/2017), Nikki Bella mengatakan, Brie Bella terpaksa harus melakukan operasi caesar darurat setelah proses persalinan selama 22 jam. Hal ini terpaksa dilakukan karena otot perut Brie Bella terlalu kencang dan keras.

"Dia mencoba melahirkan normal, dan setelah delapan atau 10 jam, dia harus menerima epidural, dan akhirnya terpaksa melakukan operasi caesar," kata Nikki. "Otot perutnya terlalu keras! Percayakan pada bintang WWE untuk memiliki perut yang terlalu keras!"

Selama ini, banyak wanita dengan kondisi tubuh yang sangat prima, dengan otot perut yang kencang dan kuat, melahirkan secara normal. Namun apakah benar-benar mungkin seorang wanita memiliki otot perut yang terlalu kuat sampai tak bisa melahirkan normal?

"Belum ada studi atau bukti yang menunjukkan, otot perut yang kencang meningkatkan risiko operasi caesar," ujar Christine Greves, M.D., dokter kandungan di Winnie Palmer Hospital for Women and Babies.

Hal serupa dikemukakan oleh Jessica Shepherd, M.D., asisten profesor bidang kebidanan dan kandungan klinis sekaligus direktur dari Minimally Invasive Gynecology di University of Illinois College of Medicine di Chicago. "Otot abdomen tidak berhubungan dengan proses melahirkan normal," ujarnya. "Malah, hal itu justru akan membuat operasi caesar makin sulit."

Kelahiran normal melalui vagina lebih ditentukan oleh otot pelvis dan tulang di pelvis wanita, jelas Shepherd. "Serviks harus melebar sepenuhnya, dan pelvis harus memungkinkan perubahan ini agar bayi bisa lewat," lanjutnya.

"Proses melahirkan adalah variasi dari berbagai hal, namun otot abdomen terlalu kencang bukanlah salah satunya."

Jadi, wanita dengan tubuh bugar dan perut kencang sama sekali tidak akan mengalami kesulitan melahirkan normal karena hal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.